MENGENAL RAID

 1. Fungsi RAID


Dengan teknologi RAID, data dapat dicerminkan pada satu disk atau lebih dalam array yang sama, sehingga jika satu disk gagal, data akan disimpan. Berkat teknik yang dikenal sebagai striping (teknik untuk menyebarkan data melalui beberapa disk drive), RAID juga menawarkan opsi read atau write ke lebih dari satu disk pada saat yang sama untuk meningkatkan kinerja.




2. Striping – memisahkan aliran data menjadi blok-blok dengan ukuran tertentu (disebut “block size”) kemudian menulis blok-blok ini melintasi RAID satu per satu. Cara penyimpanan data ini memengaruhi kinerja.


3. Mirroring adalah teknik penyimpanan di mana salinan data yang identik disimpan pada anggota RAID secara bersamaan. Jenis penempatan data ini memengaruhi toleransi kesalahan serta kinerja.




4. Parity adalah teknik penyimpanan yang digunakan metode striping dan checksum. Dalam teknik paritas, fungsi paritas tertentu dihitung untuk blok data. Jika drive gagal, blok yang hilang dihitung ulang dari checksum, memberikan toleransi kesalahan RAID.


                              gambar 2.0 RAID

sumber: https://best4futurelife.wordpress.com/2013/10/23/raid-redundant-array-of-independent-disk-2/


5. RAID-1 : Dikenal sebagai disk mirroring, konfigurasi ini terdiri dari setidaknya dua drive yang menduplikasi penyimpanan data. Tidak ada striping. Kinerja baca ditingkatkan karena disk dapat dibaca pada saat yang bersamaan. Kinerja penulisan sama seperti untuk penyimpanan disk tunggal.

sumber:https://best4futurelife.wordpress.com/2013/10/23/raid-redundant-array-of-independent-disk-2/




6. RAID-5 : Level striping dengan paritas. Informasi paritas di setiap drive, memungkinkan array berfungsi bahkan jika satu drive rusak. Arsitektur array memungkinkan operasi baca dan tulis untuk menjangkau beberapa drive.



sumber: https://best4futurelife.wordpress.com/2013/10/23/raid-redundant-array-of-independent-disk-2/




7. RAID-5 : Jika pada RAID 5 toleransi kerusakan disk hanya satu, pada RAID-6 memiliki 2 disk. Dengan penambahan ekstra Parity block, maka redundansi data lebih bagus ketimbang RAID 5. Sehingga membutuhkan minimal 4 buah harddisk. 




  8. RAID-10 : RAID 10 biasa juga disebut dengan RAID 1+0 atau RAID 1&0, RAID-10 membutuhkan minimal 4 buah hardisk. RAID-10 adalah kombinasi antara RAID-0 (data striping) dan RAID-1 (mirroring). Memiliki performa baca/tulis & redundansi data tertinggi (memiliki toleransi kerusakan hingga beberapa hardisk)


sumber: https://best4futurelife.wordpress.com/2013/10/23/raid-redundant-array-of-independent-disk-2/




9. Network-attached storage (NAS) adalah penyimpanan file khusus yang memungkinkan banyak pengguna untuk mengambil data dari kapasitas disk terpusat. Perangkat NAS biasanya dikonfigurasikan dan dikelola dengan utilitas berbasis browser dengan pengguna di jaringan area lokal (LAN).




10. LAN adalah suatu jaringan internal / lokal dengan jangkauan jarak maksimal 100 meter. Jaringan LAN banyak digunakan dalam perusahaan untuk menghubungkan antara bagian - bagian dalam satu gedung




11. Sistem Operasi CentOS Distribusi CentOS Linux adalah platform yang stabil, dapat dikelola, dan direproduksi yang berasal dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL)




12. Protocol Webdav WebDAV (World Wide Web Distributed Authoring dan Versioning) menerapakan standar RFC 2518, RFC 4918 dan Internet Engineering Task Force (IETF) untuk authoring kolaboratif di Web, satu set ekstensi untuk Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang memfasilitasi pengeditan kolaboratif dan manajemen file antara pengguna yang terletak dari jarak jauh dari satu sama lain di Internet.




13. Client – server merupakan arsitektur jaringan komputer yang memisahkan client dengan server. Jaringan tipe ini merupakan jaringan yang termasuk sering ditemui di jaringan komputer.




14. SELinux adalah peningkatan keamanan Linux yang memungkinkan pengguna dan administrator lebih mengontrol kontrol akses. Akses dapat dibatasi pada pengguna dan aplikasi mana yang dapat mengakses sumber daya mana. Sumber daya ini dapat berupa file.




15 Firewall adalah program keamanan jaringan yang mengontrol koneksi masuk dan keluar berdasarkan aturan yang ditetapkan. Namun, implementasi keamanan standar biasanya menggunakan beberapa bentuk mekanisme khusus untuk mengontrol hak akses dan membatasi sumber daya jaringan untuk pengguna yang berwenang, dapat diidentifikasi, dan dapat dilacak. Red Hat Enterprise Linux menyertakan beberapa alat untuk membantu administrator dengan masalah kontrol akses tingkat jaringan




sekian darii akuu istrinyaa jaehyun 




Komentar